Apakah Oli Mesin Sama Dengan Oli Transmisi? Ayo Cari Tahu!

Apakah Oli Mesin Sama Dengan Oli Transmisi? Ayo Cari Tahu!

Terlalu banyak jenis oli yang mengalir di dalam mobil sehingga orang biasanya bingung antara jenis oli dan penggunaannya. Apakah pertanyaan seperti, “Apakah oli mesin sama dengan oli transmisi,” juga muncul di kepala Anda? Apakah ini pertanyaan yang sudah lama Anda tanyakan? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Semua kebingungan Anda akan dijelaskan di bawah ini.

Apakah Oli Mesin Sama Dengan Oli Transmisi? Ketahui Disini!

Oli mesin dan oli transmisi bukanlah satu hal yang sama! Beberapa orang mengira itu sama, tetapi skenarionya justru sebaliknya. Baca di bawah, dan cari tahu perbedaan sebenarnya antara keduanya.

Fungsi oli mesin dan oli transmisi

Oli mesin digunakan untuk melumasi atau mengoles dengan tepat mesin pembakaran dalam. Secara sederhana, oli motor berguna saat gesekan antara bagian yang bergerak perlu diminimalkan, dan mesin perlu dibersihkan dari lumpur.

Di sisi lain, oli transmisi digunakan oleh sistem kemudi untuk menjaga kelancaran pengoperasiannya. Umumnya digunakan pada kendaraan transmisi otomatis dan menjaga komunikasi sistem roda gigi sebaik mungkin. Inilah perbedaan utama yang memperjelas keraguan Anda.

2. Penampilan & Properti Lainnya

Oli mesin berwarna kuning, tetapi jika digunakan mungkin akan menjadi lebih gelap. Warna keruh merupakan indikasi panas yang tinggi, adanya kontaminan, dan adanya kontaminan. Mengenai oli transmisi, warnanya berkisar dari merah hingga hijau. Perbedaan utama lainnya ada pada kerangka waktu penggunaan.

Oli mesin perlu dikuras dari waktu ke waktu untuk menghilangkan kontaminan yang seharusnya terkumpul. Hal yang sama tidak berlaku untuk ATF (Automatic Transmission Fluid). Yang terakhir ini lebih merupakan sistem tertutup yang tidak melihat adanya kontaminan dan bertahan untuk waktu yang lebih lama.

3. Tujuan

Oli mesin cocok untuk meningkatkan penyegelan, menjaga mesin tetap dingin, melindungi dari karat dan korosi, menjaga mesin bebas lumpur, dan tentu saja untuk melumasi bagian-bagian mesin. Sedangkan untuk oli transmisi, perannya sedikit berubah.

ATF melumasi bagian transmisi, mendinginkan transmisi, dan memastikan kelancaran pengoperasian bagian hidrolik. Selain itu, ATF melindungi transmisi dari karat dan korosi dan juga menawarkan bantuan penyegelan. Lihat tips perawatan untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memeriksa cairan transmisi untuk mobil manual atau otomatis.

Fakta sederhana harus jelas! Oli mesin untuk mesin dan oli transmisi untuk gearbox. Jangan pernah bingung antara keduanya karena mungkin terdengar sama tetapi memiliki makna yang berbeda. Sekarang jika seseorang bertanya kepada Anda, "Apakah oli mesin sama dengan oli transmisi", Anda akan tahu di mana letak perbedaannya.

Sumber Referensi:

CarFromJapan

Baca Juga:

https://otopartklik.com/uncategorized/apakah-oli-mesin-sama-dengan-oli-transmisi-ayo-cari-tahu/

0 komentar :

 
Copyright © 2015. OTOPARTKLIK
Blogger Templates