Transmisi Otomatis, Dan Cara Kerjanya.

Transmisi Otomatis, Dan Cara Kerjanya.

transmisi otomatis
Ilustrasi gambar: Transmisi Otomatis

Tahukah Anda cara kerja transmisi otomatis? ... Jika Anda pernah mengendarai mobil dengan gigi transmisi otomatis, maka Anda tahu bahwa ada dua perbedaan besar antara transmisi otomatis dan transmisi manual:

  1. Tidak ada pedal kopling pada mobil bertransmisi otomatis.
  2. Tidak ada perpindahan gigi pada mobil bertransmisi otomatis. Setelah Anda memasukkan transmisi ke drive, yang lainnya otomatis.

Baik transmisi otomatis (plus konverter torsinya) dan transmisi manual (dengan koplingnya) mencapai hal yang persis sama, tetapi melakukannya dengan cara yang sangat berbeda.

Ternyata cara kerja transmisi otomatis benar-benar luar biasa!

Pada artikel ini, kami akan membahasnya melalui cara kerja transmisi otomatis. Kita akan mulai dengan kunci keseluruhan sistem: roda gigi planet. Kemudian kita akan melihat bagaimana transmisi digabungkan, mempelajari cara kerja kontrol, dan mendiskusikan beberapa seluk-beluk yang terlibat dalam mengontrol transmisi.

Tujuan Transmisi Otomatis

Sama seperti transmisi manual, tugas utama transmisi otomatis adalah memungkinkan mesin beroperasi dalam rentang kecepatan yang sempit sambil memberikan rentang kecepatan output yang luas.

Tanpa transmisi, mobil akan dibatasi pada satu rasio roda gigi, dan rasio itu harus dipilih agar mobil dapat melaju dengan kecepatan tertinggi yang diinginkan. Jika Anda menginginkan kecepatan tertinggi 80 mph, maka rasio roda gigi akan serupa dengan gigi tiga pada kebanyakan mobil bertransmisi manual.

Anda mungkin pernah mencoba mengendarai mobil bertransmisi manual hanya dengan gigi tiga. Jika Anda melakukannya, Anda akan segera mengetahui bahwa Anda hampir tidak memiliki akselerasi saat memulai, dan pada kecepatan tinggi, mesin akan menjerit di dekat garis merah. Mobil seperti ini akan cepat aus dan hampir tidak bisa dikendarai.

Jadi transmisi menggunakan roda gigi untuk memanfaatkan torsi mesin secara lebih efektif, dan menjaga agar mesin tetap beroperasi pada kecepatan yang sesuai. Saat menderek atau mengangkut benda berat, transmisi kendaraan Anda bisa menjadi cukup panas untuk membakar cairan transmisi. Untuk melindungi transmisi dari kerusakan serius, pengemudi yang menderek harus membeli kendaraan yang dilengkapi dengan pendingin transmisi.

Perbedaan utama antara transmisi manual dan otomatis adalah bahwa transmisi manual mengunci dan membuka rangkaian roda gigi yang berbeda ke poros keluaran untuk mencapai berbagai rasio roda gigi, sedangkan pada transmisi otomatis, rangkaian roda gigi yang sama menghasilkan semua roda gigi yang berbeda. rasio. Gearset planetary adalah perangkat yang memungkinkan hal ini dalam transmisi otomatis.

Mari kita lihat cara kerja planetary gearset.

Gearset Planetary

Saat Anda membongkar dan melihat ke dalam transmisi otomatis, Anda menemukan banyak sekali suku cadang di ruang yang cukup kecil. Antara lain, Anda melihat:

  • Gearset planetary yang cerdik
  • Satu set band untuk mengunci bagian dari gearset
  • Satu set tiga kopling pelat basah untuk mengunci bagian lain dari rangkaian roda gigi
  • Sistem hidrolik yang sangat aneh yang mengontrol cengkeraman dan pita
  • Pompa roda gigi besar untuk memindahkan cairan transmisi

Pusat perhatian adalah planetary gearset. Tentang ukuran melon, bagian yang satu ini menciptakan semua rasio roda gigi berbeda yang dapat dihasilkan oleh transmisi. Segala sesuatu yang lain dalam transmisi ada untuk membantu planetary gearset melakukan tugasnya. Transmisi otomatis berisi dua rangkaian roda gigi planet lengkap yang dilipat menjadi satu komponen. Lihat Cara Kerja Rasio Roda Gigi untuk pengenalan tentang roda gigi planet.

Setiap gearset planet memiliki tiga komponen utama:

  • Roda gigi matahari
  • Roda gigi planet dan pembawa roda gigi planet
  • Roda gigi ring

Masing-masing dari ketiga komponen ini dapat menjadi input, output, atau dapat disimpan secara diam-diam. Memilih bagian mana yang memainkan peran mana yang menentukan rasio roda gigi untuk rangkaian roda gigi. Mari kita lihat satu set roda gigi planet.

Rasio Gearset Planet Pada Transmisi Otomatis

Salah satu planetary gearset dari transmisi kami memiliki ring gear dengan 72 gigi dan sun gear dengan 30 gigi. Kita bisa mendapatkan banyak rasio roda gigi yang berbeda dari rangkaian roda gigi ini.

sumber gambar: https://auto.howstuffworks.com/automatic-transmission.htm

Selain itu, mengunci dua dari tiga komponen secara bersamaan akan mengunci seluruh perangkat dengan pengurangan gigi 1:1. Perhatikan bahwa rasio gigi pertama yang tercantum di atas adalah pengurangan -- kecepatan output lebih lambat dari kecepatan input. Yang kedua adalah overdrive - kecepatan output lebih cepat dari kecepatan input. Yang terakhir adalah pengurangan lagi, tetapi arah keluaran dibalik. Ada beberapa rasio lain yang bisa didapat dari planetary gear set ini, tapi inilah yang relevan dengan transmisi otomatis kita. Anda dapat melihatnya di animasi di bawah ini:

Jadi satu set roda gigi ini dapat menghasilkan semua rasio roda gigi yang berbeda ini tanpa harus mengaktifkan atau melepaskan roda gigi lainnya. Dengan dua set gigi ini berturut-turut, kita bisa mendapatkan empat gigi maju dan satu gigi mundur yang dibutuhkan transmisi kita. Kami akan menggabungkan dua set roda gigi di bagian selanjutnya.

Transmisi otomatis ini menggunakan satu set roda gigi, yang disebut gabungan roda gigi planet, yang terlihat seperti satu roda gigi planet tetapi sebenarnya berperilaku seperti gabungan dua roda gigi planet. Ia memiliki satu ring gear yang selalu menjadi keluaran transmisi, tetapi ia memiliki dua sun gear dan dua set planet.

Mari kita lihat beberapa bagiannya:

Gearset planet majemuk bertindak seperti gabungan dua gearset planet. Pelajari tentang rangkaian roda gigi gabungan planet dan struktur transmisi otomatis. Sumber: HowStuffWorks

Gambar di bawah menunjukkan planet-planet di planet pembawa. Perhatikan bagaimana planet di sebelah kanan duduk lebih rendah dari planet di sebelah kiri. Planet di sebelah kanan tidak mengaktifkan roda gigi cincin — ia mengaktifkan planet lain. Hanya planet di sebelah kiri yang mengaktifkan ring gear.

Gearset planet majemuk bertindak seperti gabungan dua gearset planet. Pelajari tentang rangkaian roda gigi gabungan planet dan struktur transmisi otomatis. Sumber: HowStuffWorks

Selanjutnya Anda bisa melihat bagian dalam pembawa planet. Roda gigi yang lebih pendek hanya digerakkan oleh roda gigi matahari yang lebih kecil. Planet-planet yang lebih panjang bergerak dengan roda gigi matahari yang lebih besar dan planet-planet yang lebih kecil.

transmisi otomatis
Sumber Gambar: HowStuffWorks

Animasi di bawah ini menunjukkan bagaimana semua bagian terhubung dalam sebuah transmisi.

Referensi Sumber : HowStuffWorks

Artikel Terkait Lainnya:

https://otopartklik.com/uncategorized/transmisi-otomatis-dan-cara-kerjanya/

0 komentar :

 
Copyright © 2015. OTOPARTKLIK
Blogger Templates