Tanda Peringatan Anda Membutuhkan Ban Baru

Tanda Peringatan Anda Membutuhkan Ban Baru

Keselamatan dianggap sangat penting oleh konsumen akhir-akhir ini dan ban sering kali ditarik dari daftar faktor yang menentukan keselamatan. Tapak karet yang membatasi dinding samping adalah satu-satunya titik kontak kendaraan dengan aspal. Ban mudah aus, yang dapat disebabkan oleh berbagai variabel, antara lain kebiasaan berkendara, sifat jalan, dan tentu saja suhu di luar.

Hal terakhir yang Anda ambil risiko adalah memiliki ban yang buruk, terutama pada perjalanan jauh. Ada banyak sekali alasan untuk mengawasi ban Anda dan kondisinya, tetapi keselamatan harus selalu didahulukan. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memahami dasar-dasar ban dan memperhatikan kerusakan. Jika tidak, montir mobil biasa dapat membantu Anda dengan melihat karet yang memberi tenaga pada kendaraan Anda dan membuat saran penggantian agar Anda dan keluarga tetap aman saat bepergian.

Ada aspek lain dari kualitas berkendara yang juga dipengaruhi oleh ban yang aus, apakah itu efek peredaman dari pengaturan suspensi, respon kemudi, atau gigitan rem. Mencegah selip dan bencana kecelakaan berikutnya harus menjadi prioritas. Ingatlah semua faktor ini juga jika Anda ingin merawat mobil Anda sepenuhnya.

Mengganti ban

Anda harus mencari tanda-tanda peringatan ini sebagai indikasi untuk mengganti ban Anda:

  • Tonjolan: Tonjolan biasanya muncul di dinding samping ban dan terlihat jelas. Mereka disebabkan oleh gundukan kecepatan dan lubang yang tidak rata, dan jika diabaikan dalam waktu lama, bisa berbahaya. Ini tidak dapat diperbaiki secara khusus, dan ban pada akhirnya harus diganti. Jika tidak, bisa mengakibatkan ban pecah atau bocor, membuat Anda terjebak. Ini mampu ledakan yang tak terbayangkan pada kecepatan yang cepat.
  • Kedalaman tapak ban yang rendah: Kondisi tapak ban Anda menjadi penting untuk seberapa baik penanganan mobil Anda. Anda dapat menggunakan peralatan indikasi tapak ban untuk memantau kedalaman atau ketidakrataan tapak. Selain itu, memeriksa garis indikator tapak horizontal pada tapak itu sendiri merupakan opsi yang lebih murah. Tapak mungkin sejajar dengan garis peringatan jika terlalu rendah. Jika bukan karena ini, ada metode yang lebih sederhana namun unik yang melibatkan menemukan alur tapak yang paling dangkal dan memasukkan pin pengukur hingga alas rata dengan ban. Tapak ban kurang dari 1,6 milimeter kehilangan traksi dan meningkatkan jarak pengereman, dan ini bisa berbahaya.
  • Peringatan TPMS: Hari-hari ini, sistem pemantauan tekanan ban, atau TPMS, sering terlihat sebagai peralatan di mobil modern. Periksakan ban Anda apakah ada kebocoran, sobek, atau tusukan apa pun. Ini terus memperingatkan Anda untuk melakukannya, terutama sebelum memulai perjalanan jauh.
  • Getaran Konstan: Getaran adalah kejadian umum saat mengoperasikan mesin pembakaran internal. Sekalipun jalanan mulus, akan ada garis tipis yang dapat dibedakan antara getaran ini dan getaran yang mengganggu Anda sepanjang waktu. Jika masalah mekanis bukan penyebab masalahnya, ban yang tidak cocok atau tidak seimbang mungkin menjadi penyebabnya. Dalam situasi ini, disarankan untuk memeriksa ban Anda secara visual sebelum beralih ke kesejajaran dan penyeimbangan jika keausan tidak menjadi masalah. Jika masalah masih ada, kemungkinan besar disebabkan oleh ban yang sudah aus, oleh karena itu Anda harus melanjutkan dan membeli karet baru untuk menggantikannya.
  • Ban Tua: Rata-rata orang akan membuat kesalahan dengan menilai umur panjang sebuah ban berdasarkan jumlah kilometer yang telah ditempuhnya. Nyatanya, karet kehilangan sifat elastisnya dan mulai rapuh meskipun mobil Anda tidak terlalu sering digunakan tetapi sudah lama digunakan (seringkali lebih dari 6 tahun). Oleh karena itu, Anda harus menggantinya dari waktu ke waktu meskipun tidak ada keausan yang jelas atau terlihat.
  • Umur panjang ban dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain gaya berkendara dan kondisi jalan. Ini juga sangat tergantung pada merek yang Anda putuskan untuk dipasang. Sekalipun tampaknya berfungsi dengan baik, sangat mungkin karet pada akhirnya akan menjadi rapuh. Disarankan agar Anda memeriksa minggu dan tahun pembuatan sebelum memasang ban baru. Terlepas dari penggunaan, disarankan untuk menggantinya setelah 5-6 tahun. Jika tapak terlalu aus, ban menjadi berbahaya, karena karet memburuk seiring waktu dan suhu.
  • Anda harus waspada ketika datang ke ban. Gunakan merek terpercaya yang menawarkan garansi bagus dan menghindari modifikasi ukuran ban yang tidak perlu selalu merupakan ide bagus. Ban yang diperbesar memang meningkatkan cengkeraman serta estetika tetapi dapat merusak bagian mekanis lainnya seperti pengaturan suspensi dalam jangka panjang. Selain itu, suhu yang keras dan cuaca yang tidak menguntungkan yang dialami Indonesia, karet ban cepat menua bahkan saat tidak digunakan. Tentu saja, permukaan jalan yang kasar yang menjadi penyebab utama di balik keausan ini.

Tulisan Lainnya:

https://otopartklik.com/tips-trik/tanda-peringatan-anda-membutuhkan-ban-baru/

0 komentar :

 
Copyright © 2015. OTOPARTKLIK
Blogger Templates